Sponsor Advertisement

INILAH MAKHLUK PERUSAK BUMI YANG SEBENARNYA...!!!


Assalamu’alaikum wr wb

MAKHLUK APAKAH YANG MERUSAK BUMI?

Allah SWT menciptakan alam semesta ini dengan hikmah, dengan indah, dengan teratur, maksudnya adalah dengan sempurna sehinngga tidak ada sesuatupun yang ciptaan Allah diantara langit dan bumi yang diciptakan dengan sia-sia, kecuali orang –orang kafirlah yang menganggap demikian.

Firman Allah dalam surat shad ayat 27:

“dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, Maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka” (QS. Shaad :27)

Dengan segala kesempurnaan ciptaan Allah inilah manusia bisa memanfaatkan, menjaga, melestarikan bumi. Tapi sekarang banyak kerusakan yang sudah terjadi didunia ini, sehinga bumi semakin hari semakin rusak, lalu siapa yang merusak bumi? Makhluk manakah dia?

MAKHLUK YANG MERUSAK BUMI

1. MANUSIALAH MAKHLUK YANG MERUSAK BUMI

Sebagaimana firman Allah dalam surat ar Rum : 41

telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS. Ar Rum :42)

Dari ayat di atas sudah jelas bahwa manusialah yang melakukan perusakan di darat dan dilaut, sehingga dari akibat itu Allah memberikan peringatan kepada orang yang merusak, agar kembali kejalan yang benar dan tidak merusak lagi. tapi kebanyakan dari mereka justru tetap saja merusak bahkan kerusakannya semakin parah

Namun sikap tamak manusialah yang mengelola dan mengambil hasil bumi dengan cara tidak baik maka akan memperburuk kerusakan bumi. Berikut adalah kerusakan –kerusakan terparah yang dilakkanu oleh tangan manusia

CONTOH KERUSAKAN DI DARAT

tambang emas.

 freepot papua

 Volusi

 volusi di cina, karena banyak pabrik

Kebakaran dan penebangan hutan

  Riau langganan

Rumah kaca

 rumah kaca seluas 26.000 H di spanyol. awas ozon menipis

Limbah pabrik

CONTOH KERUSAKAN DI LAUT

Pengeboman ikan

Tambang lepas pantai

sampah

2. MANUSIA ADALAH PERUSAK DAN TIDAK MENYADARI KALAU IA ADALAH PERUSAK

Allah SWT berfirman di dalam Surat Al.baqarah ayat 11-12:

Dan bila dikatakan kepada mereka:"Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi". mereka menjawab: "Sesungguhnya Kami orang-orang yang Mengadakan perbaikan." (QS. Al-Baqarah:11)

Ingatlah, Sesungguhnya mereka Itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar. (QS. Al-Baqarah:12)

      Dari ayat diatas jelaslah sudah bahwa manusialah yang merusak bumi. Dengan didasari rasa tamak dan selalu merasa tidak puas itulah sehingga mereka mengambil manfaat dari bumi dengan cara yang tidak baik tanpa memikirkan akibatnya, sehingga apabila dikatakan kepada mereka agar tidak berbuat kerusakan mereka akan mengelak dengan mengatakan bahwa mereka bukan orang yang merusak justru mereka mengaku sebagai orang yang melestarikan bumi, mereka tidak menyadari terhadap yang telah dilakukan.

3. APA YANG SEHARUSNYA DILAKUKAN MANUSIA?

Allah SWT menciptakan manusia di bumi adalah bertugas sebagai khalifah Allah, yang mempunyai kewajiban untuk menjaga, melestarikan, memanfaatkan, memakmurkan dan mengolah bumi secara baik. Sehingga kita bisa mengambil hasil bumi dengan baik. Hasil bumi adalah anugrah yang tak terhingga karenanya lah kita dapat menikmati segala jenis hasil bumi. Buah, sayur, ikan, makanan pokok, bahan bakar dll

Firman Allah dalam Surat al-‘Araf ayat 56-57

dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, Maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. seperti Itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, Mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. (QS. al-‘Araf ayat 56-57)

Wallahu ‘alam bi ash shawab...

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. masya allah terimakasih atas informasinya semoga kedepan nya umat muslim makin bisa melestarikan planet ini

    BalasHapus

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut