Sponsor Advertisement

AMAL KEBAIKAN AKAN TERHAPUS...KALAU MELAKUKAN HAL INI...

Assalamu'alaikum,Wr. Wb.





Setiap umat islam pasti menginginkan amal yang banyak dan di terima oleh Allah. Karena hakekat manusia di ciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah mencari Amalo kebaikan untuk bekal di akhirat kelak.
Semua amal yang pahala yang didapat karena ibadah kita kepada Allah lah harapan untuk bekal di akhirat namun apa jadinya kalau amal kebaikan itu di hapus oleh Allah akibat perbuatan dosa yang kita lalukan. Maka dari itu kita harus menghindari perbuatan dosa itu. Untuk itu apakah perbuatan dosa yang bisa menghapus amal kebaikan?

Rasulullah SAW bersabda:
Nabi  pernah bersabda :
إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ ». أَوْ قَالَ « الْعُشْبَ »
“Hati-hatilah kalian dari hasad, karena sesungguhnya hasad itu memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar atau semak belukar (rumput kering)“. (HR. Bukhari Muslim)

Hadits Riwayat Abu Daud ra:
"Jauhilah olehmu sifat dengki, karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan-kebaikan seperti api memakan kayu bakar:(HR. Abu Dawud).

Dari hadits diatas jelaslah bahwa perbuatan hasudlah yang bisa menghapus kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar atau api membakar semak belukar. Lalu apakah hasud itu?

APAKAH HASUD ITU?
Hasud adalah perasaaan tidak senang melihat orang lain mendapatkan nikmat dari Allah Swt, bahkan berusaha dengan berbagai cara agar orang yang mendapat nikmat dan kesenangan tersebut kembali seperti semula. Kepuasannya akan tercapai apabila orang lain tak ada yang melebihinya dalam segala hal.
Misalnya seperti kasus berikut: si Ali sudah diangkat masyarakat menjadi guru/imam tetap di salah satu masjid, kemudian datang si Badrun dengan segala cara berusaha menjatuhkan si Ali. Dan si Badrun sebenamya ingin menjadi guru/imam tetap menggantikan si Ali di masjid itu. Cara begini adalah berdosa di sisi Allah. Tapi kalau si Badrun ingin menjadi guru/imam tetap di masjid yang lain, yang belum ada imam/gurunya atau masih membutuhkan, itu boleh saja dan tidak salah. Tapi jangan dengan merebut jabatan orang lain yang sudah dikaruniakan oleh Allah Swt dan dipercayakan kepadanya.
Cara seperti inilah yang tidak diperbolehkan,
hasud itu telah ditentang oleh Allah Swt dalam beberapa hal seperti:
1.    Membenci nikmat atau anugerah Allah Swt yang diberikan kepada orang lain.
2.    Tidak rela menerima pembagian karunia Allah Swt atas dirinya.
3.    Pelit terhadap pemberian Allah Swt, kalau bisa kebajikan dan anugerah Allah Swt jatuh pada dirinya, tidak perlu orang lain, kalaupun orang lain memperolehnya diharapkan di bawah derajat dirinya.
4.    Mengikuti pengaruh iblis yang sebetulnya sangat merugikan dan menghinakau diri sendiri.


AKIBAT PERBUATAN HASUD
Abu Laits Asmarakandi (1980: 228) mengatakan, tidak ada yang lebih jahat selain hasud, penghasud akan mengalami bencana sebelum hasutannya mencelakai orang, misalnya:
1.    Kerisauan dan kegelisahan akibat kebencian tak terputus-putus.
2.    Terkena kehinaan dan kegelisahan apalagi ia menyadari bahwa orang lain telah memahami hasutannya, maka la akan dipandang rendah dan pasti dijauhi.
3.    Jauh dari rahmat Allah Swtdan sesama manusia.
4.    Hancurnya kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan.
Nabi bersabda: "Jauhilah olehmu sifat dengki, karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan-kebaikan seperti api memakan kayu bakar: " (HR. Abu Dawud).

3.    Cara menghindari sifat hasud
1.    Selalu meningkatkan iman kepada Allah Swt
2.    Berupaya meningkatkan ketaqwaan Allah.
3.    Mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada kita.
4.    Meningkatkan sifat qana'ah.
5.    Menyadari kedudukan harta dan jabatan dalam kehidupan manusia di dunia
  

wallahu a'lam bi ash shawab...





 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut