MENGAPA
JUMLAH RAKA’AT DALAM SHALAT FARDHU BERBEDA?
VERSI; I (BERDASARKAN KISAH)
Shalat adalah ibadah terpenting bagi seorang muslim. Shalat
menjadi tolak ukur kesalehan seseorang. Bahkan shalat merupakan amal kunci bagi
segala amal lainnya. Meski demikian jarang sekali orang mengerti bahwa
masing-masing waktu shalat yang lima itu mengandung hikmah dan memiliki sejarah
masing-masing.
1. SHALAT SUBUH
Shalat Subuh adalah shalat pertama kali yang dilakukan oleh Nabi
Adam As. Dua rakaat Subuh dijalankan oleh Nabi Adam di bumi setelah diturunkan
dari surga. Waktu itu pertama kalinya Nabi Adam melihat kegelapan. Begitu
gelapnya sehingga ia merasakan ketakutan yang amat sangat. Namun kemudian
kegelapan itu secara lamban mulai sirna mengusir rasa takut, dan perlahan
terbitlah terang. Itulah pergantian waktu malam menuju pagi. Oleh karenanya,
dua rakaat Subuh dilaksanakan sebagai rasa syukur atas sirnanya kegelapan
pengharapan atas datangnya kecerahan.
2. SHALAT ZUHUR
Nabi Ibrahim As adalah orang pertama yang melaksanakan shalat
Dhuhur. Empat rakaat dhuhur dilaksanakan, ketika Allah menggantikan Ismail yang
rencananya disembelih sebagai kurban dengan seekor domba. Ini terjadi tatkala
siang, tatkala matahari bergeser sedikit dari titik tengahnya. Empat rekaat itu
menunjukkan beberapa perasaan Nabi Ibrahim. Satu raka’at adalah penanda
kesyukuran atas digantikannya Ismail. Satu reka’at karena kegembiraan, satu
raka’at untuk mencari keridhaan Allah dan satu raka’at lagi sebagai rasa syukur
atas domba pemberian Allah swt.
3. SHALAT ASHAR
Kemudian riwayat shalat Ashar berhubungan erat dengan Nabi Yunus
As. ketika diselamatkan oleh Allah dari perut ikan Hut. Hut adalah nama ikan
yang menelan nabi Yunus mengarungi lautan. Dikisahkan bahwa bentuk ikan hut
hampir menyerupai burung, namun tanpa sayap. Ketika di dalam perut hut itu Nabi
Yunus As merasakan empat macam kegelapan, gelap karena kekhawatiran hasya, gelap
di dalam air, gelap malam dan gelap di dalam perut ikan. Demikianlah Nabi Yunus
As keluar ketika matahari mulai condong kebarat dan shalatlah beliau empat
rekaat sebagai penanda tebebas dari empat macam kegelapan itu.
4. SHALAT MAGHRIB
Sedangkan tiga rakaat shalat Maghrib mempunyai sejarahnya
sendiri yang tiak bisa dilepaskan dari nabi Isa As. ketika berhasil keluar dari
kaumnya di penghujung senja. Tiga rakaat sangat bermakna bagi Nabi Isa As. Satu
rakaat menandai perjuangan beliau menegakkan tauhid dan menafikan semua bentuk
sesembahan keculai Allah. Satu raka’at untuk menafikan hinaan dan tuduhan
kaumnya atas ibundanya yang melahirkannya tanpa ayah. Dan ini sekaligus
menunjukkan betapa ketuhanan itu hanya milik Allah semata yang Maha Kuasa,
inilah makna satu rekaat yang terakhir.
5. SHALAT ISYA’
Dihilangkannya empat kesedihan yang menimpa Nabi Musa As. oleh
Allah swt ketika meninggalkan kota Madyan menjadi sejarah ditetapkannya shalat
Isya empat rekaat. Tercatat empat kesedihan itu berhubungan dengan istrinya,
saudaranya yang bernama Harun, anak-anaknya, dan kesedihan karena kekuasaan
Fir’aun. Dan ketika semua kesedihan itu diangkat oleh Allah swt di waktu malam,
Nabi Musapun melaksanakan shalat empat rakaat sebagai rasa syukur atas
segalanya.
Demikianlah semua hikmah yang melatar belakangi lima shalat
fardhu yang diwajibkan kepada semua orang muslim hingga kini sesuai dengan
tuntunan syariah.
VERSI; II
(BERDASARKAN HADITS)
SHALAT SHUBUH :
عن قيس بن عمرو قال : رأى رسول الله -صلى الله عليه وسلم- رجلاً يصلي بعد صلاة الصبح ركعتين، فقال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: “صلاة الصبح ركعتان”.
فقال الرجل: إني لم أكن صليت الركعتين اللتين قبلهما فصليتهما الآن، فسكت رسول الله -صلى الله عليه وسلم-. رواه أبو داودو و صححه الألباني
Dari Qais bin ‘Amr, dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki melaksanakan shalat dua raka’at setelah shubuh, maka Rasul shallallahu alaihi wa sallamberkata : shalat Subuh (hanya) 2 raka’at.
Laki-laki itu menjawab: aku belum shalat dua raka’at sebelum Subuh jadi aku melaksanakannya sekarang, maka Rasul shallallahu alaihi wa sallam terdiam.
عن قيس بن عمرو قال : رأى رسول الله -صلى الله عليه وسلم- رجلاً يصلي بعد صلاة الصبح ركعتين، فقال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: “صلاة الصبح ركعتان”.
فقال الرجل: إني لم أكن صليت الركعتين اللتين قبلهما فصليتهما الآن، فسكت رسول الله -صلى الله عليه وسلم-. رواه أبو داودو و صححه الألباني
Dari Qais bin ‘Amr, dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki melaksanakan shalat dua raka’at setelah shubuh, maka Rasul shallallahu alaihi wa sallamberkata : shalat Subuh (hanya) 2 raka’at.
Laki-laki itu menjawab: aku belum shalat dua raka’at sebelum Subuh jadi aku melaksanakannya sekarang, maka Rasul shallallahu alaihi wa sallam terdiam.
SHALAT DZUHUR DAN ASHAR :
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقوم في الظهر في الركعتين الأوليين في كل ركعة قدر قراءة ثلاثين آية وفي الآخريين في كل ركعة قدر قراءة خمس عشرة آية وكان يقوم في العصر في الركعتين الأولتين في كل ركعة قدر قراءة خمس عشرة آية وفي الأخرتين قدر نصف ذلك. رواه أحمد رقم 11802. قال المحقق( شعيب الأرنؤوط) إسناده صحيح على شرط مسلم
“Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasanya berdiri pada shalat Zuhur di dua rakaat pertama, pada setiap rakaat (lamanya berdiri sekitar) seperti membaca tiga puluh ayat, dan pada dua rakaat lainnya sekitar lima belas ayat, atau, separuh dari itu. Sedang dalam shalat Ashar, di dua rakaat pertama pada setiap rakaat (lama berdirinya) seperti membaca sekitar lima belas ayat. Dan pada dua rakaat lainnya separuh dari itu. [HR Ahmad 11802, dengan sanad yang shahih, sesuai dengan syarat Muslim]
SHALAT MAGHRIB :
«لا توتروا بثلاث، أوتروا بخمس، أو بسبع، ولا تشبهوا بصلاة المغرب»رواه ابن حبان 2429.صححه الألباني
Jangan kamu shalat witir 3 rekaat, (tetapi) shalatlah witir 5 atau 7 raka’at, dan janganlah kamu menyerupakan dengan shalat Maghrib." [HR. Ibnu Hibban, di shahihkan oleh Syaikh Albani, lihat shahihah 2429]
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقوم في الظهر في الركعتين الأوليين في كل ركعة قدر قراءة ثلاثين آية وفي الآخريين في كل ركعة قدر قراءة خمس عشرة آية وكان يقوم في العصر في الركعتين الأولتين في كل ركعة قدر قراءة خمس عشرة آية وفي الأخرتين قدر نصف ذلك. رواه أحمد رقم 11802. قال المحقق( شعيب الأرنؤوط) إسناده صحيح على شرط مسلم
“Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasanya berdiri pada shalat Zuhur di dua rakaat pertama, pada setiap rakaat (lamanya berdiri sekitar) seperti membaca tiga puluh ayat, dan pada dua rakaat lainnya sekitar lima belas ayat, atau, separuh dari itu. Sedang dalam shalat Ashar, di dua rakaat pertama pada setiap rakaat (lama berdirinya) seperti membaca sekitar lima belas ayat. Dan pada dua rakaat lainnya separuh dari itu. [HR Ahmad 11802, dengan sanad yang shahih, sesuai dengan syarat Muslim]
SHALAT MAGHRIB :
«لا توتروا بثلاث، أوتروا بخمس، أو بسبع، ولا تشبهوا بصلاة المغرب»رواه ابن حبان 2429.صححه الألباني
Jangan kamu shalat witir 3 rekaat, (tetapi) shalatlah witir 5 atau 7 raka’at, dan janganlah kamu menyerupakan dengan shalat Maghrib." [HR. Ibnu Hibban, di shahihkan oleh Syaikh Albani, lihat shahihah 2429]
SHALAT ISYA :
عن جابر بن سمرة، قال: شكا أهل الكوفة سعدا إلى عمر رضي الله عنه، فعزله، واستعمل عليهم عمارا، فشكوا حتى ذكروا أنه لا يحسن يصلي، فأرسل إليه، فقال: يا أبا إسحاق إن هؤلاء يزعمون أنك لا تحسن تصلي، قال أبو إسحاق: أما أنا والله «فإني كنت أصلي بهم صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم ما أخرم عنها، أصلي صلاة العشاء، فأركد في الأوليين وأخف في الأخريين» رواه البخاري 755
Dari Jabir bin Samrah berkata, Penduduk Kufah mengadukan Sa'd (bin Abu Waqash) kepada 'Umar. Maka 'Umar menggantinya dengan 'Ammar. Mereka mengadukan Sa'd karena dianggap tidak baik dalam shalatnya. Maka Sa'd dikirim kepada 'Umar dan ditanya, Wahai Abu Ishaq, penduduk Kufah menganggap kamu tidak baik dalam shalat? Abu Ishaq menjawab, Demi Allah, aku memimpin shalat mereka sebagaimana shalatnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Tidaklah aku mengurangi sedikitpun dalam melaksanakan shalat 'Isya bersama mereka. Aku memanjangkan bacaan pada dua rakaat pertama dan aku pendekkan pada dua rakaat yang akhir. [HR. Bukhari 755]
DALIL IJMA' :
Ibnu Mundzir menceritakan bahwa jumlah raka’at shalat Fardhu yang kita ketahui bersama adalah termasuk perkara yang disepakati (Ijma’).
عن جابر بن سمرة، قال: شكا أهل الكوفة سعدا إلى عمر رضي الله عنه، فعزله، واستعمل عليهم عمارا، فشكوا حتى ذكروا أنه لا يحسن يصلي، فأرسل إليه، فقال: يا أبا إسحاق إن هؤلاء يزعمون أنك لا تحسن تصلي، قال أبو إسحاق: أما أنا والله «فإني كنت أصلي بهم صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم ما أخرم عنها، أصلي صلاة العشاء، فأركد في الأوليين وأخف في الأخريين» رواه البخاري 755
Dari Jabir bin Samrah berkata, Penduduk Kufah mengadukan Sa'd (bin Abu Waqash) kepada 'Umar. Maka 'Umar menggantinya dengan 'Ammar. Mereka mengadukan Sa'd karena dianggap tidak baik dalam shalatnya. Maka Sa'd dikirim kepada 'Umar dan ditanya, Wahai Abu Ishaq, penduduk Kufah menganggap kamu tidak baik dalam shalat? Abu Ishaq menjawab, Demi Allah, aku memimpin shalat mereka sebagaimana shalatnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Tidaklah aku mengurangi sedikitpun dalam melaksanakan shalat 'Isya bersama mereka. Aku memanjangkan bacaan pada dua rakaat pertama dan aku pendekkan pada dua rakaat yang akhir. [HR. Bukhari 755]
DALIL IJMA' :
Ibnu Mundzir menceritakan bahwa jumlah raka’at shalat Fardhu yang kita ketahui bersama adalah termasuk perkara yang disepakati (Ijma’).
0 komentar:
Posting Komentar